Minggu, 21 Oktober 2018

RPP K13 SMK Kelas 10 Degrees Comparison


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan    : SMKN 5 Malang
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas / Semester        : X / Genap
Tahun Pelajaran       : 2017 / 2018
Materi                         : Perbandingan Kata Sifat ( Degrees Comparison )
Alokasi Waktu           : 9 JP ( 3 Pertemuan )

A.    Kompetensi Inti
KI 1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
No
Kompetensi Dasar
Indikator
1
3.10 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
3.10.1 Mengidentifikasi secara berkelompok fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat.
 3.10.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks secara berkelompok.
3.10.3 Menyebutkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan memberi dan meminta informasi dalam teks perbandingan kata sifat.
2
4.10 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.10.1 Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara mandiri.
4.10.2 Merespon fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi mengenai teks interaksi transasksional perbandingan kata sifat.


      
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama
Setelah mengikuti serangakaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Memahami fungsi sosial yang terdapat pada teks perbandingan kata sifat baik secara lisan maupun tulisan.
Ø  Memahami struktur teks ( menerima dan memberi informasi ) teks perbandingan kata sifat.
Ø  Menerapkan unsur kebahasaan baik dalam memberi dan meminta informasi mengenai perbandingan kata sifat.
2.      Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Menyusun teks interaksi transaksional perbandingan kata sifat secara pendek dan sederhana.
Ø  Menyebutkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat secara tepat.
3.      Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø  Menulis teks lisan atau tulisan baik dalam memberi ataupun meminta informasi mengenai perbandingan kata sifat sesuai dengan konteksnya.
Ø  Merespon fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan mengenai tindakan memberi dan meminta infomasi terkait dengan perbandingan kata sifat.
Fokus nilai-nilai sikap
1.      Tanggung jawab
2.      Keterampilan
3.      Kreatif
D.    Materi Pembelajaran
1.      Fungsi Sosial
Membandingkan jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal guru dan teman.
2.      Struktur Teks
-          Memberi informasi
-          Meminta informasi
3.      Unsur Kebahasaan
-          Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata ( jumlah, dan sifat orang, binatang dan benda ) dan tata bahasa ( simple present tense ).
4.      Topik
Interaksi antara guru dan siswa di dalam dan di luar kelas yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran   : Discovery Learning
3.      Metode Pembelajaran : Diskusi, Penugasan
F.     Media Pembelajaran
1.      LCD proyektor
2.      Laptop
3.      Power point
G.    Sumber Belajar
1.      Modul / bahan ajar
2.      Internet
3.      Kamus Bahasa Inggris
4.      Sumber lain yang relevan
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Pertemuan Pertama ( 3 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø  Memeriksa kehadiran peserta didik.
Ø  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi
Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya.
Ø  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø  Menyampaiakan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Ø  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
Ø  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.










15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi untuk memusatkan perhatian pada topik dengan cara:
Ø  Melihat
Menayangkan gambar / foto yang berkaitan dengan perbandingan kata sifat.
Ø  Mengamati
Lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi / soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dan sebagainya yang berhubungan dengan materi
·         Teks lisan dan tulisan perbandingan kata sifat
·         Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
·         Struktur teks perbandingan kata sifat

Ø  Mendengar
Pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
·         Teks lisan dan tulisan perbandingan kata sifat
·         Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
·         Struktur teks perbandingan kata sifat
Ø  Menyimak
Penjelasan pengantar kegiatan / materi secara garis besar tentang materi pelajaran mengenai
·         Teks lisan dan tulisan perbandingan kata sifat
·         Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
·         Struktur teks perbandingan kata sifat
Untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya:
v  Mengajukan pertanyaan tentang:
Ø  Teks lisan dan tulisan perbandingan kata sifat
Ø  Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
Struktur teks perbandingan kata sifat
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi melalui diskusi dengan teman sebangku atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
·     Teks lisan dan tulisan perbandingan kata sifat
·     Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
·     Struktur teks perbandingan kata sifat
Aktivitas
·         Peserta didik diminta untuk mengidentifikasi sebuah teks tulis yang mengandung tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat.
·         Setelah mengidentifikasi teks tulis dengan batas waktu yang ditentukan, beberapa peserta didik diminta untuk menyebutkan tindakan memberi atau meminta informasi terkait perbandingan kata sifat.
















105 menit

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Ø  Membuat rangkuman / kesimpulan pelajaran, tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru :
Ø  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Ø  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø  Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.





15 menit




2.      Pertemuan Kedua ( 3 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø  Memeriksa kehadiran peserta didik.
Ø  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi
Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya.
Ø  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø  Menyampaiakan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Ø  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
Ø  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.
Ø  Pembagian kelompok belajar.




15 Menit
Kegiatan Inti
Guru memulai pelajaran dengan cara:
Ø  Mengingatkan kembali materi perbandingan kata sifat yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
Ø  Memberikan topik pembahasan kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan.
Aktivitas
·         Peserta didik berdiskusi untuk membuat teks tulis yang mengandung tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan topik atau tema yang telah diberikan.
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan ditanggapi oleh peserta didik lain.
Menanya
·         Peserta didik dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai hasil diskusi dari kelompok yang presentasi.
Mengumpulkan Informasi
·         Peserta didik saling bertukar informasi melalui proses diskusi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.


Mengkomunikasikan
·         Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan seluruh hasil kegiatan diskusi yang berhubungan dengan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat.
·         Peserta didik bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melempar beberapa pertanyaan kepada siswa.
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
Ø  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan / pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Ø  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai
·         Teks tulis dan tulisan perbandingan kata sifat
·         Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
Struktur teks perbandingan kata sifat














105 Menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Ø  Membuat rangkuman / kesimpulan pelajaran, tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru :
Ø  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Ø  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø  Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.






15 Menit

3.      Pertemuan Ketiga ( 3 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Ø  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø  Memeriksa kehadiran peserta didik.
Ø  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.


Apersepsi
Ø  Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya.
Ø  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø  Menyampaiakan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Ø  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
Ø  Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung.





15 Menit
Kegiatan Inti
Mengamati
Ø  Guru memberikan tambahan materi untuk mempermudah pemahaman peserta didik dalam membuat teks dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat.
Ø  Peserta didik menyimak penyampaian materi oleh guru dan membuat catatan tentang poin-poin penting dari materi yang berkaitan dengan:
·         Teks lisan dan tulisan perbandingan kata sifat
·         Unsur kebahasaan teks perbandingan kata sifat
·         Struktur teks perbandingan kata sifat

Menanya
Ø  Peserta didik diberikan kesempatan untuk bertanya sebanyak mungkin tentang materi yang baru saja disampaikan oleh guru.
Ø  Guru menjawab pertanyaan peserta didik atau meminta peserta didik lain untuk memberikan pendapatnya.
Mengumpulkan Informasi
Ø  Peserta didik diminta untuk membuat teks tulis perbandingan kata sifat terkait tindakan memberi dan meminta informasi dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan sesuai dengan konteksnya secara mandiri.
Mengkomunikasikan
Ø  Peserta didik mempraktikkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat di depan kelas secara berpasangan dan bergantian.
Ø  Peserta didik lain diberi kesempatan oleh guru untuk memberikan komentar terhadap penampilan peserta didik yang telah mendemonstrasikan tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat di depan kelas.














105 Menit
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Ø  Membuat rangkuman / kesimpulan pelajaran, tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø  Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru :
Ø  Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa.
Ø  Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø  Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.




15 Menit



Mengetahui,                                                                                                    Malang,
Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Malang                                                          Guru Pamong


Drs. M. Mahmudi, M.Pd                                                                              Ustatik, S.Pd

Guru PPL


Oktavianus


Semoga bermanfaat dan membawa kemajuan dalam dunia pendidikan di Indonesia.

2 komentar:

  1. ftw nba finals - youtube - videodl.cc
    ftw nba mp3 juice finals · nba finals · nba finals · ftw nba finals · ftw nba finals · nba finals · nba finals · nba finals · nba finals · nba finals

    BalasHapus
  2. Hard Rock Hotel & Casino - MapYRO
    › michael-krohl › hardrock 전라북도 출장마사지제천 출장안마 michael-krohl › hardrock The Hard Rock Hotel & 안산 출장마사지 Casino in Lake Tahoe is an 18-story, 512-room, 512-room hotel with two 김천 출장샵 full floors of 광주광역 출장마사지 luxury suites, five signature restaurants,

    BalasHapus