RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMKN 5 Malang
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas
/ Semester : X / Genap
Tahun
Pelajaran : 2017 / 2018
Materi : Perbandingan Kata
Sifat ( Degrees Comparison )
Alokasi
Waktu : 9 JP ( 3 Pertemuan )
A.
Kompetensi
Inti
KI
1: Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI
2: Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI
3: Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
procedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4: Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
1
|
3.10
Menerapkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait perbandingan kata sifat
sesuai dengan bidang keahlian dan konteks penggunaannya.
|
3.10.1
Mengidentifikasi secara berkelompok fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks perbandingan kata sifat.
3.10.2 Menyusun teks interaksi transaksional
lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks secara berkelompok.
3.10.3
Menyebutkan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan memberi dan
meminta informasi dalam teks perbandingan kata sifat.
|
2
|
4.10
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
|
4.10.1
Menulis teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana
terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks secara mandiri.
4.10.2
Merespon fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi mengenai teks interaksi transasksional
perbandingan kata sifat.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
Setelah
mengikuti serangakaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø Memahami
fungsi sosial yang terdapat pada teks perbandingan kata sifat baik secara lisan
maupun tulisan.
Ø Memahami
struktur teks ( menerima dan memberi informasi ) teks perbandingan kata sifat.
Ø Menerapkan
unsur kebahasaan baik dalam memberi dan meminta informasi mengenai perbandingan
kata sifat.
2. Pertemuan Kedua
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø Menyusun
teks interaksi transaksional perbandingan kata sifat secara pendek dan
sederhana.
Ø Menyebutkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dalam tindakan memberi dan
meminta informasi terkait perbandingan kata sifat secara tepat.
3. Pertemuan Ketiga
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
Ø Menulis
teks lisan atau tulisan baik dalam memberi ataupun meminta informasi mengenai
perbandingan kata sifat sesuai dengan konteksnya.
Ø Merespon
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan mengenai tindakan memberi dan
meminta infomasi terkait dengan perbandingan kata sifat.
Fokus nilai-nilai sikap
1. Tanggung
jawab
2. Keterampilan
3. Kreatif
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Fungsi Sosial
Membandingkan
jumlah, sifat orang, binatang dan benda untuk menjaga hubungan interpersonal
guru dan teman.
2.
Struktur Teks
-
Memberi informasi
-
Meminta informasi
3.
Unsur Kebahasaan
-
Ucapan, tekanan kata, intonasi, kosakata
( jumlah, dan sifat orang, binatang dan benda ) dan tata bahasa ( simple
present tense ).
4.
Topik
Interaksi
antara guru dan siswa di dalam dan di luar kelas yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat yang dapat
menumbuhkan perilaku yang termuat dalam KI.
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Scientific Learning
2.
Model Pembelajaran : Discovery Learning
3.
Metode Pembelajaran : Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
LCD proyektor
2.
Laptop
3.
Power point
G.
Sumber
Belajar
1.
Modul / bahan ajar
2.
Internet
3.
Kamus Bahasa Inggris
4.
Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama ( 3 x 45 menit
)
|
Waktu
|
||||
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
Ø Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø Memeriksa
kehadiran peserta didik.
Ø Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi sebelumnya.
Ø Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø Menyampaiakan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Ø Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
Ø Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung.
|
15
menit
|
||||
Kegiatan
Inti
|
105 menit
|
||||
Kegiatan
Penutup
Peserta
didik :
Ø Membuat
rangkuman / kesimpulan pelajaran, tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru
:
Ø
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa.
Ø
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki
kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
15 menit
|
2. Pertemuan Kedua ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
|||
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
Ø Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø Memeriksa
kehadiran peserta didik.
Ø Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi sebelumnya.
Ø Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø Menyampaiakan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Ø Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
Ø Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung.
Ø Pembagian
kelompok belajar.
|
15 Menit
|
|||
Kegiatan Inti
|
105 Menit
|
|||
Kegiatan
Penutup
Peserta
didik :
Ø Membuat
rangkuman / kesimpulan pelajaran, tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru
:
Ø
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa.
Ø
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
15 Menit
|
3.
Pertemuan
Ketiga ( 3 x 45 menit )
|
Waktu
|
|||
Kegiatan
Pendahuluan
Guru
:
Orientasi
Ø Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø Memeriksa
kehadiran peserta didik.
Ø Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi sebelumnya.
Ø Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
Ø Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Ø Menyampaiakan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
Ø Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
Ø Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung.
|
15 Menit
|
|||
Kegiatan Inti
|
105 Menit
|
|||
Kegiatan
Penutup
Peserta
didik :
Ø Membuat
rangkuman / kesimpulan pelajaran, tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru
:
Ø
Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa.
Ø
Memberikan penghargaan kepada kelompok yang
memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
Ø
Mengagendakan pekerjaan rumah.
Ø
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
15 Menit
|
Mengetahui, Malang,
Kepala Sekolah SMK
Negeri 5 Malang Guru
Pamong
Drs.
M. Mahmudi, M.Pd Ustatik,
S.Pd
Guru PPL
Oktavianus
Semoga bermanfaat dan membawa kemajuan dalam dunia pendidikan di Indonesia.
ftw nba finals - youtube - videodl.cc
BalasHapusftw nba mp3 juice finals · nba finals · nba finals · ftw nba finals · ftw nba finals · nba finals · nba finals · nba finals · nba finals · nba finals
Hard Rock Hotel & Casino - MapYRO
BalasHapus› michael-krohl › hardrock 전라북도 출장마사지 › 제천 출장안마 michael-krohl › hardrock The Hard Rock Hotel & 안산 출장마사지 Casino in Lake Tahoe is an 18-story, 512-room, 512-room hotel with two 김천 출장샵 full floors of 광주광역 출장마사지 luxury suites, five signature restaurants,